Instrumen Akreditasi Program Studi APS9 Panduan Penyusunan LKPS – Instrumen Akreditasi Program Studi versi 4.0
Lampiran
Peraturan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 5 tahun 2019 tentang
Instrumen Akreditasi Program Studi
AKREDITASI PROGRAM STUDI
PANDUAN PENYUSUNAN
LAPORAN KINERJA PROGRAM STUDI
BADAN AKREDITASI NASIONAL PERGURUAN TINGGI
JAKARTA
2019
KATA PENGANTAR
Puji syukur kita
panjatkan ke hadirat Allah Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan
hidayah-Nya Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dapat
menyelesaikan Panduan Penyusunan Laporan Evaluasi Diri, yang merupakan bagian
dari Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) versi 4.0. IAPS 4.0 ini disusun guna memenuhi tuntutan
peraturan perundangan terkini, dan sekaligus sebagai upaya untuk melakukan
perbaikan berkelanjutan dan menyesuaikan dengan praktik baik penjaminan mutu
eksternal yang umum berlaku. Tujuan
utama pengembangan IAPS adalah sebagai upaya membangun budaya mutu di Perguruan
Tinggi.
IAPS 4.0 ini berorientasi
pada output dan outcome dan terdiri dari 2 bagian yaitu: 1) Laporan Laporan Kinerja
Program Studi (LKPS) dan Laporan Evaluasi Diri (LED) Program Studi. LED merupakan dokumen evaluasi yang disusun
secara komprehensif sebagai bagian dari pengembangan program studi, yang tidak
hanya menggambarkan status capaian masing-masing kriteria, tetapi juga memuat
analisis atas ketercapaian atau ketidaktercapaian suatu kriteria. UPPS juga
diharapkan menemukenali kekuatan yang dimiliki serta aspek yang perlu mendapat
perbaikan. Pada bagian akhir dari LED,
UPPS harus melakukan analisis dan menetapkan program pengembangan UPPS dan
program studi yang akan digunakan sebagai basis penilaian pada siklus APS
berikutnya.
LKPS berisi data
kuantitatif yang secara bertahap akan diambil dari Pangkalan Data Pendidikan
Tinggi (PD-Dikti) yang memuat capaian indikator kinerja unit pengelola program
studi (UPPS) sebagai unit pengusul akreditasi program studi (APS), serta
program studi yang diakreditasi. Indikator ini disusun BAN-PT secara khusus
dengan mempertimbangkan kekhasan program studi tersebut.
Dengan demikian upaya
peningkatan mutu secara berkelanjutan dalam upaya membangun budaya mutu, dapat
segera terwujud.
Jakarta, September 2019
Ketua Majelis Akreditasi
Prof. Dwiwahju Sasongko, Ph.D.
DAFTAR ISI
Halaman
|
i |
|
|
DAFTAR ISI |
ii |
|
HALAMAN MUKA |
1 |
|
IDENTITAS PENGUSUL |
2 |
|
IDENTITAS TIM
PENYUSUN |
3 |
|
BORANG INDIKATOR
KINERJA UTAMA |
4 |
|
1.
TATA PAMONG, TATA
KELOLA, DAN KERJASAMA |
4 |
|
2.
MAHASISWA |
5 |
|
3.
SUMBER DAYA MANUSIA |
6 |
|
4.
KEUANGAN, SARANA
DAN PRASARANA 5.
PENDIDIKAN 6.
PENELITIAN 7.
PENGABDIAN KEPADA
MASYARAKAT |
16 17 20 21 |
|
8.
LUARAN DAN CAPAIAN TRIDHARMA |
21 |
|
|
|
LAMBANG
PERGURUAN
TINGGI
LAPORAN
KINERJA PROGRAM STUDI
AKREDITASI PROGRAM STUDI
PROGRAM DAN NAMA PROGRAM STUDI
UNIVERSITAS/ INSTITUT/ SEKOLAH TINGGI/ POLITEKNIK/
AKADEMI/ AKADEMI KOMUNITAS
.....................................................
NAMA KOTA KEDUDUKAN PERGURUAN TINGGI
TAHUN ................
IDENTITAS
PENGUSUL
Perguruan Tinggi :
.......................................................................
Unit Pengelola Program Studi : .......................................................................
Jenis Program : .......................................................................
Nama Program Studi : .......................................................................
Alamat :
.......................................................................
Nomor
Telepon :
.......................................................................
E-Mail dan Website : .......................................................................
Nomor
SK Pendirian PT 1) :
.......................................................................
Tanggal
SK Pendirian PT :
.......................................................................
Pejabat
Penandatangan
SK
Pendirian PT :
.......................................................................
Nomor
SK Pembukaan PS 2) :
.......................................................................
Tanggal
SK Pembukaan PS :
.......................................................................
Pejabat
Penandatangan
SK
Pembukaan PS :
.......................................................................
Tahun Pertama Kali
Menerima
Mahasiswa :
.......................................................................
Peringkat
Terbaru
Akreditasi
PS : ........................................................................
Nomor SK BAN-PT : ........................................................................
Daftar Program Studi di Unit
Pengelola Program Studi (UPPS)
|
No. |
Jenis Program |
Nama Program Studi |
Akreditasi Program Studi |
Jumlah mahasiswa saat TS 4) |
||
|
Status/ Peringkat |
No. dan Tgl. SK |
Tgl. Kadaluarsa |
||||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|
1 |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
... |
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1)
Lampirkan salinan Surat Keputusan Pendirian Perguruan Tinggi.
2)
Lampirkan salinan Surat Keputusan Pembukaan Program Studi.
3)
Lampirkan salinan Surat Keputusan Akreditasi Program Studi terbaru.
4)
Diisi
dengan jumlah mahasiswa aktif di masing-masing PS saat TS.
IDENTITAS TIM PENYUSUN
LAPORAN KINERJA PROGRAM STUDI
Nama : ......................................................................
NIDN :
......................................................................
Jabatan :
......................................................................
Tanggal Pengisian : DD – MM – YYYY
Nama :
......................................................................
NIDN :
......................................................................
Jabatan : ......................................................................
Tanggal Pengisian : DD – MM – YYYY
Nama :
......................................................................
NIDN :
......................................................................
Jabatan :
......................................................................
Tanggal Pengisian : DD – MM – YYYY
Nama :
......................................................................
NIDN : ......................................................................
Jabatan :
......................................................................
Tanggal Pengisian : DD – MM – YYYY
BORANG INDIKATOR KINERJA UTAMA
1.
Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerjasama
a. Kerjasama
Tuliskan kerjasama tridharma di Unit Pengelola
Program Studi (UPPS) dalam 3 tahun terakhir dengan mengikuti
format Tabel 1 berikut ini.
Tabel 1 Kerjasama Tridharma
|
No. |
Lembaga Mitra |
Tingkat 1) |
Judul Kegiatan Kerjasama 2) |
Manfaat bagi PS yang Diakreditasi |
Waktu dan Durasi |
Bukti Kerjasama 3) |
||
|
Interna-sional |
Nasi-onal |
Lokal/ Wilayah |
||||||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
|
Pendidikan |
||||||||
|
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
… |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
S |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penelitian |
||||||||
|
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
… |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
S |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pengabdian
kepada Masyarakat |
||||||||
|
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
… |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
S |
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1) Beri
tanda V pada kolom yang sesuai.
2) Diisi
dengan judul kegiatan kerjasama yang sudah terimplementasikan, melibatkan
sumber daya dan memberikan manfaat bagi Program Studi yang diakreditasi.
3) Bukti
kerjasama dapat berupa Surat Penugasan, Surat Perjanjian Kerjasama (SPK),
bukti-bukti pelaksanaan (laporan, hasil kerjasama, luaran kerjasama), atau
bukti lain yang relevan.
Dokumen Memorandum of
Understanding (MoU),
Memorandum of Agreement (MoA), atau dokumen sejenis yang memayungi pelaksanaan kerjasama, tidak
dapat dijadikan bukti realisasi kerjasama.
2.
Mahasiswa
a. Kualitas
Input Mahasiswa
Tuliskan data daya tampung, jumlah calon mahasiswa (pendaftar dan peserta yang lulus
seleksi), jumlah
mahasiswa baru (reguler
dan transfer) dan jumlah
mahasiswa aktif (reguler
dan transfer) dalam 5 tahun terakhir di Program Studi yang diakreditasi dengan mengikuti
format Tabel 2.a berikut ini.
Tabel 2.a Seleksi Mahasiswa
|
Tahun Akade-mik |
Daya Tampung |
Jumlah Calon Mahasiswa |
Jumlah Mahasiswa Baru |
Jumlah Mahasiswa Aktif |
|||
|
Pen-daftar |
Lulus Seleksi |
Reguler |
Transfer |
Reguler |
Transfer |
||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
|
TS-4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
TS-3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
TS-2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
TS-1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
TS |
|
|
|
|
|
NRTS = |
NTTS = |
|
Jumlah |
NA
= |
NB
= |
NC
= |
ND
= |
NM = NRTS + NTTS |
||
Keterangan:
TS = Tahun akademik penuh terakhir saat pengajuan usulan akreditasi.
b. Mahasiswa Asing
Tabel
2.b berikut ini diisi oleh pengusul dari Program Studi pada program Sarjana/Sarjana
Terapan/Magister/Magister Terapan/Doktor/Doktor Terapan.
Tuliskan jumlah
mahasiswa asing yang
terdaftar di seluruh
program studi pada UPPS
dalam 3 tahun terakhir dengan mengikuti format Tabel 2.b berikut ini.
Tabel 2.b Mahasiswa Asing (Foreign
Student)
|
No. |
Program Studi |
Jumlah Mahasiswa Aktif |
Jumlah Mahasiswa Asing Penuh Waktu (Full-time) |
Jumlah Mahasiswa Asing Paruh Waktu (Part-time) |
||||||
|
TS-2 |
TS-1 |
TS |
TS-2 |
TS-1 |
TS |
TS-2 |
TS-1 |
TS |
||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
|
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Mahasiswa asing dapat terdaftar untuk
mengikuti program pendidikan secara penuh waktu (full-time) atau paruh waktu (part-time).
Mahasiswa asing paruh waktu adalah mahasiswa yang terdaftar di Program Studi
untuk mengikuti kegiatan pertukaran studi (student
exchange), credit earning, atau
kegiatan sejenis yang relevan.
3. Sumber
Daya Manusia
a. Profil Dosen
Tuliskan data Dosen Tetap Perguruan Tinggi yang ditugaskan sebagai
pengampu mata kuliah di Program Studi yang Diakreditasi (DTPS) pada saat TS dengan
mengikuti format Tabel
3.a.1) berikut ini.
Tabel 3.a.1) Dosen Tetap Perguruan
Tinggi yang ditugaskan sebagai pengampu mata kuliah di Program Studi yang diakreditasi
|
No. |
Nama Dosen |
NIDN/NIDK |
Pendidikan Pasca Sarjana 1) |
Bidang Keahlian 2) |
Kesesuaian dengan Kompetensi Inti PS 3) |
Jabatan Akademik |
Sertifikat Pendidik Profesional 4) |
Sertifikat Kompetensi/ Profesi/
Industri 5) |
Mata Kuliah yang Diampu pada PS yang Diakreditasi 6) |
Kesesuaian Bidang Keahlian dengan Mata Kuliah yang Diampu 7) |
Mata Kuliah yang Diampu pada PS Lain 8) |
|
|
Magister/ Magister Terapan/ Spesialis |
Doktor/ Doktor Terapan/ Spesialis |
|||||||||||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
|
|
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
… |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
S |
NDT = |
|
|
|
|
NDTPS = |
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
NDT = Jumlah Dosen Tetap Perguruan Tinggi yang ditugaskan sebagai
pengampu mata kuliah di Program Studi yang diakreditasi.
NDTPS = Jumlah Dosen Tetap Perguruan Tinggi yang ditugaskan sebagai
pengampu mata kuliah dengan bidang keahlian yang sesuai dengan kompetensi inti program
studi yang diakreditasi.
1) Diisi dengan nama program studi pada pendidikan pasca
sarjana (Magister/Magister Terapan dan/atau Doktor/Doktor Terapan) yang pernah
diikuti.
2) Diisi dengan bidang keahlian sesuai pendidikan pasca
sarjana yang relevan dengan mata kuliah yang diampu.
3) Diisi dengan tanda centang V jika bidang keahlian sesuai
dengan kompetensi inti program studi yang diakreditasi.
4) Diisi dengan nomor Sertifikat Pendidik Profesional.
5) Diisi dengan bidang sertifikasi dan lembaga penerbit
sertifikat. Data ini diisi oleh pengusul dari program studi pada program Diploma
Tiga dan program Sarjana Terapan.
6) Diisi dengan nama mata kuliah yang diampu pada program studi
yang diakreditasi pada saat TS-2 s.d. TS.
7) Diisi dengan tanda centang V jika bidang keahlian sesuai
dengan mata kuliah yang diampu.
8) Diisi dengan nama mata kuliah yang diampu pada program studi
lain pada saat TS-2 s.d. TS.
Tuliskan DTPS yang menjadi pembimbing utama
pada kegiatan tugas akhir mahasiswa (Laporan Akhir/Skripsi//Tesis/Disertasi) 1)
dalam 3 tahun terakhir dengan mengikuti format Tabel 3.a.2) berikut ini.
Tabel 3.a.2) Dosen
Pembimbing Utama Tugas Akhir
|
No. |
Nama Dosen 2) |
Jumlah Mahasiswa yang Dibimbing |
Rata-rata Jumlah Bimbingan di semua Program/ Semester 5) |
|||||||
|
pada PS yang Diakreditasi 3) |
pada PS Lain di PT 4) |
|||||||||
|
TS-2 |
TS-1 |
TS |
Rata-rata |
TS-2 |
TS-1 |
TS |
Rata-rata |
|||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
|
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
… |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1) Penugasan sebagai pembimbing tugas akhir mahasiswa
dibuktikan dengan surat penugasan yang diterbitkan oleh UPPS.
2) Diisi dengan nama
dosen yang ditugaskan menjadi pembimbing utama.
3) Diisi dengan data
jumlah mahasiswa yang dibimbing pada Program Studi yang Diakreditasi.
4) Diisi dengan data
jumlah mahasiswa yang dibimbing pada Program Studi lain di Perguruan Tinggi.
5) Rata-rata jumlah
bimbingan di semua program/ semester (kolom 11) = ((kolom 6) + (kolom 10)) / 2.
Tuliskan data Ekuivalen Waktu Mengajar Penuh
(EWMP) dari Dosen Tetap Perguruan Tinggi yang ditugaskan di
program studi yang diakreditasi (DT) pada saat TS dengan mengikuti
format Tabel 3.a.3) berikut
ini.
Tabel 3.a.3) Ekuivalen Waktu Mengajar
Penuh (EWMP) Dosen Tetap Perguruan Tinggi
|
No. |
Nama Dosen (DT) |
DTPS 1) |
Ekuivalen Waktu Mengajar Penuh (EWMP) pada saat TS dalam satuan kredit semester (sks) |
Jumlah (sks) |
Rata-rata per Semester (sks) |
|||||
|
Pendidikan: Pembelajaran dan Pembimbingan |
Penelitian |
PkM |
Tugas Tambahan dan/atau Penunjang |
|||||||
|
PS yang Diakreditasi |
PS Lain di dalam PT |
PS Lain di luar PT |
||||||||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
|
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
… |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata DT |
|
|
||||||||
|
Rata-rata DTPS |
|
|
||||||||
Keterangan:
1) Diisi dengan tanda centang V untuk Dosen Tetap Perguruan Tinggi yang ditugaskan
sebagai pengampu mata kuliah dengan bidang keahlian yang sesuai dengan
kompetensi inti Program Studi yang diakreditasi.
Tuliskan data Dosen Tidak Tetap yang ditugaskan sebagai pengampu mata
kuliah di program studi yang Diakreditasi (DTT) pada saat TS dengan
mengikuti format Tabel 3.a.4)
berikut ini.
Tabel 3.a.4) Dosen Tidak Tetap yang
ditugaskan sebagai pengampu mata kuliah di Program Studi yang Diakreditasi
|
No. |
Nama Dosen |
NIDN/NIDK 1) |
Pendidikan Pasca Sarjana 2) |
Bidang Keahlian 3) |
Jabatan Akademik |
Sertifikat Pendidik Profesional 4) |
Sertifikat Profesi/ Kompetensi/ Industri 5) |
Mata Kuliah yang Diampu pada PS yang Diakreditasi 6) |
Kesesuaian Bidang Keahlian dengan Mata Kuliah yang Diampu 7) |
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
|
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
… |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
S |
NDTT = |
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
NDTT = Jumlah Dosen Tidak Tetap yang ditugaskan sebagai pengampu mata
kuliah di Program Studi yang diakreditasi.
1) NIDN (Nomor Induk Dosen Nasional), NIDK (Nomor Induk
Dosen Khusus), diisi jika ada.
2) Diisi dengan jenis program (magister/magister
terapan/doktor/doktor terapan) dan nama program studi pada pendidikan pasca
sarjana yang pernah diikuti.
3) Diisi dengan bidang keahlian sesuai pendidikan pasca
sarjana yang relevan dengan mata kuliah yang diampu.
4) Diisi dengan nomor sertifikat pendidik profesional.
5) Diisi dengan bidang sertifikasi dan lembaga penerbit
sertifikat. Data ini diisi oleh pengusul dari Program Studi pada program Diploma
Tiga dan program Sarjana Terapan.
6) Diisi dengan nama mata kuliah yang diampu pada Program
Studi yang diakreditasi pada saat TS-2 s.d. TS.
7) Diisi dengan tanda centang V jika bidang keahlian sesuai
dengan mata kuliah yang diampu.
Catatan: Data dosen industri/praktisi
(Tabel 3.a.5)) tidak termasuk ke dalam data dosen tidak tetap.
Tabel
3.a.5) berikut ini diisi oleh pengusul dari Program Studi pada program Diploma
Tiga dan program Sarjana Terapan.
Tuliskan data dosen industri/praktisi
yang ditugaskan sebagai pengampu mata kuliah kompetensi di Program Studi yang
diakreditasi pada saat TS dengan mengikuti format Tabel 3.a.5) berikut ini. Dosen
industri/praktisi direkrut melalui kerjasama dengan perusahaan atau industri
yang relevan dengan bidang program studi.
Tabel
3.a.5) Dosen Industri/Praktisi
|
No |
Nama Dosen Industri/Praktisi |
NIDK 1) |
Perusahaan/ Industri 2) |
Pendidikan Tertinggi |
Bidang Keahlian 3) |
Sertifikat Profesi/ Kompetensi/ Industri 4) |
Mata Kuliah yang Diampu |
Bobot Kredit (sks) |
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
|
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
… |
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1) NIDK = Nomor
Induk Dosen Khusus, diisi jika ada.
2) Diisi dengan nama
perusahaan/industri asal dosen industri/praktisi.
3) Bidang keahlian sesuai pendidikan tertinggi.
4) Diisi dengan bidang sertifikasi dan lembaga penerbit
sertifikat.
5) Diisi dengan nama
mata kuliah yang diampu pada saat TS-2 s.d. TS. Dosen industri/praktisi dapat
terlibat sebagai pengampu secara penuh atau sebagai bagian dari kelompok dosen
atau team teaching.
b.
Kinerja Dosen
Tuliskan pengakuan/rekognisi atas kepakaran/prestasi/kinerja
DTPS yang diterima dalam 3 tahun terakhir dengan mengikuti format Tabel 3.b.1) berikut ini.
Tabel 3.b.1) Pengakuan/Rekognisi DTPS
|
No. |
Nama Dosen |
Bidang Keahlian |
Rekognisi dan Bukti Pendukung 1) |
Tingkat 2) |
Tahun |
||
|
Wilayah |
Nasional |
Interna-sional |
|||||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
|
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
… |
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah |
|
|
|
|
|||
Keterangan:
1) Pengakuan atau rekognisi atas
kepakaran/prestasi/kinerja dapat berupa:
a)
menjadi visiting lecturer atau visiting
scholar di program studi/perguruan tinggi terakreditasi A/Unggul atau program
studi/perguruan tinggi internasional bereputasi.
b)
menjadi keynote speaker/invited
speaker pada pertemuan ilmiah tingkat nasional/ internasional.
c)
menjadi editor atau mitra bestari pada
jurnal nasional terakreditasi/jurnal internasional bereputasi di bidang yang
sesuai dengan bidang program studi.
d)
menjadi staf ahli/narasumber di lembaga
tingkat wilayah/nasional/internasional pada bidang yang sesuai dengan bidang
program studi (untuk pengusul dari program studi pada program
Sarjana/Magister/Doktor), atau menjadi tenaga ahli/konsultan di
lembaga/industri tingkat wilayah/nasional/ internasional pada bidang yang
sesuai dengan bidang program studi (untuk pengusul dari program studi pada
program Diploma Tiga/Sarjana Terapan/Magister Terapan/Doktor Terapan).
e)
mendapat penghargaan atas prestasi dan
kinerja di tingkat wilayah/nasional/internasional.
2) Diisi dengan tanda centang V pada kolom yang sesuai.
Tuliskan jumlah judul penelitian 1)
yang dilaksanakan oleh DTPS berdasarkan sumber pembiayaan, yang relevan dengan
bidang program studi pada TS-2 sampai dengan TS dengan mengikuti format Tabel
3.b.2) berikut ini.
Tabel 3.b.2) Penelitian
DTPS
|
No. |
Sumber Pembiayaan |
Jumlah Judul |
Jumlah |
||
|
TS-2 |
TS-1 |
TS |
|||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
|
1 |
a) Perguruan Tinggi b) Mandiri 2) |
|
|
|
|
|
2 |
Lembaga Dalam Negeri
(di luar PT) |
|
|
|
|
|
3 |
Lembaga Luar Negeri |
|
|
|
|
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
Keterangan:
1)
Kegiatan penelitian tercatat di unit/lembaga yang mengelola kegiatan penelitian
di tingkat Perguruan Tinggi/UPPS.
2) Penelitian dengan
sumber pembiayaan dari DTPS.
Tuliskan jumlah judul Pengabdian
kepada Masyarakat (PkM) 1) yang dilaksanakan oleh DTPS berdasarkan
sumber pembiayaan, yang relevan dengan bidang program studi pada TS-2 sampai
dengan TS, dengan mengikuti format Tabel 3.b.3) berikut ini.
Tabel 3.b.3) Pengabdian
kepada Masyarakat (PkM) DTPS
|
No. |
Sumber Pembiayaan |
Jumlah Judul |
Jumlah |
||
|
TS-2 |
TS-1 |
TS |
|||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
|
1 |
a) Perguruan Tinggi b) Mandiri 2) |
|
|
|
|
|
2 |
Lembaga Dalam Negeri
(di luar PT) |
|
|
|
|
|
3 |
Lembaga Luar Negeri |
|
|
|
|
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
Keterangan:
1) Kegiatan PkM tercatat
di unit/lembaga yang mengelola kegiatan PkM di tingkat Perguruan Tinggi/UPPS.
2) PkM dengan sumber
pembiayaan dari DTPS.
Tabel
3.b.4) berikut ini diisi oleh pengusul dari Program Studi pada program Sarjana/Magister/Doktor.
Tuliskan jumlah publikasi ilmiah dengan judul yang relevan dengan
bidang program studi, yang dihasilkan oleh DTPS dalam 3 tahun terakhir, dengan
mengikuti format Tabel 3.b.4)
berikut ini.
Tabel 3.b.4) Publikasi Ilmiah DTPS
|
No. |
Media Publikasi |
Jumlah Judul |
Jumlah |
||
|
TS-2 |
TS-1 |
TS |
|||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
|
1 |
Jurnal
nasional tidak terakreditasi |
|
|
|
NA1 = |
|
2 |
Jurnal nasional terakreditasi |
|
|
|
NA2 = |
|
3 |
Jurnal
internasional |
|
|
|
NA3 = |
|
4 |
Jurnal internasional bereputasi |
|
|
|
NA4 = |
|
5 |
Seminar
wilayah/lokal/perguruan tinggi |
|
|
|
NB1 = |
|
6 |
Seminar
nasional |
|
|
|
NB2 = |
|
7 |
Seminar
internasional |
|
|
|
NB3 = |
|
8 |
Tulisan di media massa wilayah |
|
|
|
NC1 = |
|
9 |
Tulisan di media massa nasional |
|
|
|
NC2 = |
|
10 |
Tulisan di media massa internasional |
|
|
|
NC3 = |
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
Tabel
3.b.4) berikut ini diisi oleh pengusul dari Program Studi pada program Diploma
Tiga/Sarjana Terapan/Magister Terapan/Doktor Terapan.
Tuliskan jumlah pagelaran/pameran/presentasi/publikasi ilmiah
dengan tema yang relevan dengan bidang program studi, yang dihasilkan oleh DTPS
dalam 3
tahun terakhir, dengan mengikuti format Tabel 3.b.4) berikut ini.
Tabel 3.b.4) Pagelaran/pameran/presentasi/publikasi Ilmiah DTPS
|
No. |
Jenis |
Jumlah Judul |
Jumlah |
||
|
TS-2 |
TS-1 |
TS |
|||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
|
1 |
Publikasi
di jurnal nasional tidak
terakreditasi |
|
|
|
NA1 = |
|
2 |
Publikasi di jurnal nasional terakreditasi |
|
|
|
NA2 = |
|
3 |
Publikasi
di jurnal internasional |
|
|
|
NA3 = |
|
4 |
Publikasi di jurnal internasional bereputasi |
|
|
|
NA4= |
|
5 |
Publikasi
di seminar wilayah/lokal/perguruan tinggi |
|
|
|
NB1 = |
|
6 |
Publikasi
di seminar nasional |
|
|
|
NB2 = |
|
7 |
Publikasi
di seminar internasional |
|
|
|
NB3= |
|
8 |
Pagelaran/pameran/presentasi
dalam forum di tingkat wilayah |
|
|
|
NC1 = |
|
9 |
Pagelaran/pameran/presentasi
dalam forum di tingkat nasional |
|
|
|
NC2 = |
|
10 |
Pagelaran/pameran/presentasi
dalam forum di tingkat internasional |
|
|
|
NC3 = |
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
Tabel
3.b.5) berikut ini diisi oleh pengusul dari program studi pada program
Sarjana/Sarjana Terapan/Magister/Magister Terapan/Doktor/Doktor Terapan.
Tuliskan judul artikel karya ilmiah DTPS yang disitasi dalam 3 tahun terakhir dengan
mengikuti format Tabel 3.b.5)
berikut ini.
Judul artikel yang disitasi harus relevan
dengan bidang program studi.
Tabel 3.b.5) Karya ilmiah DTPS yang disitasi dalam 3 tahun terakhir
|
No. |
Nama Dosen |
Judul Artikel yang
Disitasi (Jurnal/Buku, Volume, Tahun, Nomor,
Halaman) |
Jumlah Sitasi |
|
1 |
2 |
3 |
4 |
|
1 |
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
… |
|
|
|
|
Jumlah |
|
|
|
Tabel
3.b.6) berikut ini diisi oleh pengusul dari program studi pada program Diploma
Tiga/Sarjana Terapan/Magister Terapan/Doktor Terapan.
Tuliskan nama produk/jasa
karya DTPS yang diadopsi oleh industri/masyarakat dalam 3 tahun terakhir dengan mengikuti format Tabel 3.b.6) berikut ini.
Jenis produk/jasa harus relevan dengan bidang program studi.
Tabel 3.b.6) Produk/jasa DTPS yang diadopsi
oleh industri/masyarakat
|
No. |
Nama Dosen |
Nama Produk/Jasa |
Deskripsi Produk/Jasa |
Bukti |
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
… |
|
|
|
|
|
Jumlah |
|
|
|
|
Tuliskan judul luaran penelitian atau judul luaran PkM yang dihasilkan DTPS dalam 3 tahun terakhir dengan mengikuti
format Tabel 3.b.7)
berikut ini.
Jenis dan judul luaran harus relevan dengan
bidang program studi.
Tabel 3.b.7) Luaran Penelitian/PkM Lainnya oleh
DTPS
|
No |
Judul
Luaran Penelitian/PkM |
Tahun |
Keterangan |
|
1 |
2 |
3 |
4 |
|
I |
HKI 1): a)
Paten, b)
Paten Sederhana |
|
|
|
|
1. ... |
|
|
|
|
2. ... |
|
|
|
|
3. ... |
|
|
|
Jumlah |
NA = |
|
|
|
II |
HKI
1): a) Hak Cipta, b) Desain Produk
Industri, c) Perlindungan Varietas
Tanaman (Sertifikat Perlindungan Varietas Tanaman, Sertifikat
Pelepasan Varietas, Sertifikat Pendaftaran Varietas), d) Desain Tata Letak
Sirkuit Terpadu, e) dll.) |
|
|
|
|
1. ... |
|
|
|
|
2. ... |
|
|
|
|
3. ... |
|
|
|
Jumlah |
NB = |
|
|
|
III |
Teknologi
Tepat Guna, Produk (Produk Terstandarisasi, Produk Tersertifikasi), Karya
Seni, Rekayasa Sosial |
|
|
|
|
1. ... |
|
|
|
|
2. ... |
|
|
|
|
3. ... |
|
|
|
Jumlah |
NC = |
|
|
|
IV |
Buku ber-ISBN,
Book Chapter |
|
|
|
|
1. ... |
|
|
|
|
2. ... |
|
|
|
|
3. ... |
|
|
|
Jumlah |
ND = |
|
|
Keterangan:
1) Luaran penelitian/PkM yang mendapat pengakuan Hak
Kekayaan Intelektual (HKI) dibuktikan dengan surat penetapan oleh Kemenkumham
atau kementerian lain yang berwenang.
4.
Keuangan, Sarana, dan
Prasarana
Tuliskan data penggunaan dana yang dikelola
oleh UPPS dan data penggunaan dana yang dialokasikan ke program studi yang diakreditasi
dalam 3 tahun terakhir dengan mengikuti format Tabel 4 berikut ini.
Tabel 4 Penggunaan Dana
|
No. |
Jenis Penggunaan |
Unit Pengelola Program Studi (Rp.) |
Program Studi (Rp.) |
||||||
|
TS-2 |
TS-1 |
TS |
Rata-rata |
TS-2 |
TS-1 |
TS |
Rata-rata |
||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
|
1 |
Biaya Operasional
Pendidikan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Biaya
Dosen (Gaji, Honor) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Biaya
Tenaga Kependidikan (Gaji, Honor) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Biaya
Operasional Pembelajaran (Bahan dan Peralatan Habis Pakai) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d. Biaya
Operasional Tidak Langsung (Listrik, Gas, Air, Pemeliharaan Gedung,
Pemeliharaan Sarana, Uang Lembur, Telekomunikasi, Konsumsi, Transport Lokal,
Pajak, Asuransi, dll.) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Biaya
operasional kemahasiswaan (penalaran, minat, bakat, dan kesejahteraan). |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Biaya Penelitian |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Biaya PkM |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
Biaya Investasi SDM |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
Biaya Investasi Sarana |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
Biaya Investasi Prasarana |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
TOTAL |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. Pendidikan
a. Kurikulum
Tuliskan struktur program dan kelengkapan
data mata kuliah sesuai dengan dokumen kurikulum program studi yang berlaku
pada saat TS dengan mengikuti format Tabel 5.a berikut ini.
Tabel
5.a Kurikulum, Capaian Pembelajaran, dan Rencana Pembelajaran
|
No. |
Semes-ter |
Kode Mata Kuliah |
Nama Mata Kuliah |
Mata Kuliah Kom-petensi 1) |
Bobot Kredit (sks) |
Konversi Kredit ke Jam
2) |
Capaian Pembelajaran 3) |
Dokumen Rencana Pembela-jaran 3) |
Unit Penye-lenggara |
|||||
|
Kuliah/ Responsi/ Tutorial |
Seminar |
Praktikum/ Praktik/ Praktik
Lapangan |
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan Umum |
Keterampilan Khusus |
||||||||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
|
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
… |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
Keterangan:
1) Diisi dengan tanda centang V jika
mata kuliah termasuk dalam mata kuliah kompetensi program studi.
2) Diisi dengan konversi bobot kredit ke
jam pelaksanaan pembelajaran. Data ini diisi oleh pengusul dari program studi
pada program Diploma Tiga/Sarjana/Sarjana Terapan.
3)
Beri tanda V pada kolom unsur pembentuk Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
sesuai dengan rencana pembelajaran.
4)
Diisi dengan nama dokumen rencana pembelajaran yang digunakan.
b. Integrasi Kegiatan Penelitian/PkM dalam Pembelajaran
Tuliskan judul penelitian/PkM DTPS
yang terintegrasi ke dalam pembelajaran/ pengembangan matakuliah dalam 3 tahun
terakhir dengan mengikuti format Tabel 5.b berikut ini.
Tabel
5.b Integrasi Kegiatan Penelitian/PkM dalam Pembelajaran
|
No. |
Judul Penelitian/PkM 1) |
Nama Dosen |
Mata Kuliah |
Bentuk Integrasi 2) |
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
… |
|
|
|
|
Keterangan:
1) Judul penelitian dan PkM tercatat di unit/lembaga
yang mengelola kegiatan penelitian/PkM di tingkat Perguruan Tinggi/UPPS.
2) Bentuk integrasi dapat berupa tambahan materi perkuliahan, studi kasus,
Bab/ Subbab dalam buku ajar, atau bentuk lain yang relevan.
c. Kepuasan Mahasiswa
Tuliskan
hasil pengukuran
kepuasan mahasiswa terhadap proses pendidikan dengan
mengikuti format Tabel
5.c berikut ini. Data diambil dari hasil studi penelusuran yang dilakukan pada saat
TS.
Tabel
5.c Kepuasan Mahasiswa
|
No. |
Aspek yang Diukur |
Tingkat Kepuasan Mahasiswa (%) |
Rencana Tindak Lanjut oleh UPPS/PS |
|||
|
Sangat Baik |
Baik |
Cukup |
Kurang |
|||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|
1. |
Keandalan (reliability): kemampuan dosen, tenaga
kependidikan, dan pengelola dalam memberikan pelayanan. |
|
|
|
|
|
|
2. |
Daya tanggap (responsiveness): kemauan dari dosen,
tenaga kependidikan, dan pengelola dalam membantu mahasiswa dan memberikan
jasa dengan cepat. |
|
|
|
|
|
|
3. |
Kepastian (assurance): kemampuan dosen, tenaga
kependidikan, dan pengelola untuk memberi keyakinan kepada mahasiswa bahwa
pelayanan yang diberikan telah sesuai dengan ketentuan. |
|
|
|
|
|
|
4. |
Empati (empathy): kesediaan/kepedulian dosen,
tenaga kependidikan, dan pengelola untuk memberi perhatian kepada mahasiswa. |
|
|
|
|
|
|
5. |
Tangible: penilaian mahasiswa terhadap kecukupan, aksesibitas, kualitas
sarana dan prasarana. |
|
|
|
|
|
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
|
6.
Penelitian
a. Penelitian DTPS yang Melibatkan Mahasiswa
Tabel
6.a berikut ini diisi oleh pengusul dari Program Studi pada program
Sarjana/Sarjana Terapan/Magister/Magister Terapan/ Doktor/ Doktor Terapan
Tuliskan data penelitian DTPS yang
dalam pelaksanaannya melibatkan mahasiswa Program Studi pada TS-2 sampai dengan
TS dengan mengikuti format Tabel 6.a berikut ini.
Tabel 6.a Penelitian DTPS yang
melibatkan mahasiswa
|
No. |
Nama Dosen |
Tema Penelitian sesuai Roadmap |
Nama Mahasiswa |
Judul Kegiatan 1) |
Tahun |
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
|
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
… |
|
|
|
|
|
|
Jumlah |
|
|
|||
Keterangan:
1) Judul kegiatan yang
melibatkan mahasiswa dalam penelitian dosen dapat berupa Tugas Akhir,
Perancangan, Pengembangan Produk/Jasa, atau kegiatan lain yang relevan.
Tabel
6.b berikut ini diisi oleh pengusul dari Program Studi pada program Magister/Magister
Terapan/ Doktor/ Doktor Terapan
Tuliskan data penelitian DTPS yang
menjadi rujukan tema tesis/disertasi mahasiswa Program Studi pada TS-2 sampai
dengan TS dengan mengikuti format Tabel 6.b berikut ini.
Tabel 6.b Penelitian DTPS yang menjadi
rujukan tema tesis/disertasi
|
No. |
Nama Dosen |
Tema Penelitian sesuai Roadmap |
Nama Mahasiswa |
Judul Tesis/ Disertasi 1) |
Tahun |
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
|
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
… |
|
|
|
|
|
|
Jumlah |
|
|
|||
Keterangan:
1) Tesis/Disertasi
mahasiswa yang merupakan bagian dari agenda penelitian dosen.
7.
Pengabdian kepada
Masyarakat (PkM)
PkM
DTPS yang Melibatkan Mahasiswa
Tabel
7 berikut ini diisi oleh pengusul dari Program Studi pada program Diploma
Tiga/Sarjana/Sarjana Terapan.
Tuliskan data pengabdian kepada
masyarakat (PkM) DTPS yang dalam pelaksanaannya melibatkan mahasiswa Program
Studi pada TS-2 sampai dengan TS dengan mengikuti format Tabel 7 berikut ini.
Tabel 7. PkM DTPS yang
melibatkan mahasiswa
|
No. |
Nama Dosen |
Tema PkM sesuai Roadmap |
Nama Mahasiswa |
Judul Kegiatan 1) |
Tahun |
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
|
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
… |
|
|
|
|
|
|
Jumlah |
|
|
|||
Keterangan:
1) Kegiatan PkM dosen yang
dalam pelaksanaannya melibatkan mahasiswa, tidak termasuk kegiatan KKN atau
kegiatan lainnya yang merupakan bagian dari kegiatan kurikuler.
8.
Luaran dan Capaian
Tridharma
a.
Capaian Pembelajaran
Tuliskan
data Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) lulusan dalam 3 tahun terakhir dengan
mengikuti format Tabel 8.a berikut ini. Data dilengkapi dengan jumlah
lulusan pada
setiap tahun kelulusan.
Tabel
8.a IPK Lulusan
|
Tahun
Lulus |
Jumlah
Lulusan |
Indeks
Prestasi Kumulatif (IPK) |
||
|
Min. |
Rata-rata |
Maks. |
||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|
TS-2 |
||||
|
TS-1 |
||||
|
TS |
||||
b.
Prestasi Mahasiswa
Tuliskan
prestasi akademik yang dicapai mahasiswa Program Studi dalam 5 tahun terakhir dengan mengikuti
format Tabel 8.b.1) berikut
ini. Data dilengkapi dengan keterangan kegiatan yang diikuti (nama kegiatan, tahun, tingkat,
dan prestasi yang dicapai).
Tabel 8.b.1) Prestasi
Akademik
|
No. |
Nama Kegiatan |
Tahun
Perolehan |
Tingkat 1) |
Prestasi
yang Dicapai |
||
|
Lokal/ Wilayah |
Nasio-nal |
Interna-sional |
||||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
6 |
|
1 |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
… |
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah |
|
|
|
|
||
Keterangan:
1)
Beri tanda centang V pada kolom yang sesuai.
Tabel
8.b.2) berikut ini diisi oleh pengusul dari Program Studi pada program Diploma
Tiga/Sarjana/Sarjana Terapan.
Tuliskan prestasi nonakademik yang dicapai mahasiswa Program
Studi dalam
5 tahun terakhir dengan mengikuti format Tabel 8.b.2) berikut ini. Data
dilengkapi dengan keterangan kegiatan yang diikuti (nama kegiatan, tahun, tingkat,
dan prestasi yang dicapai).
Tabel 8.b.2) Prestasi Nonakademik Mahasiswa
|
No. |
Nama Kegiatan |
Tahun
Perolehan |
Tingkat |
Prestasi
yang Dicapai |
||
|
Lokal/ Wilayah |
Nasio-nal |
Interna-sional |
||||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
6 |
|
1 |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
… |
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah |
|
|
|
|
||
Keterangan:
1)
Beri tanda centang V pada kolom yang sesuai.
c.
Efektivitas dan
Produktivitas Pendidikan
Tuliskan
masa studi lulusan untuk dengan mengikuti format Tabel 8.c berikut ini.
Tabel 8.c. Masa Studi Lulusan Program Studi
Diisi
oleh pengusul dari Program Studi pada Program Diploma Tiga
|
Tahun Masuk |
Jumlah Mahasiswa
Diterima 1) |
Jumlah Mahasiswa yang Lulus pada |
Jumlah Lulusan s.d. Akhir
TS |
Rata-rata Masa Studi |
||||
|
Akhir TS-4 |
Akhir TS-3 |
Akhir TS-2 |
Akhir TS-1 |
Akhir TS |
||||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
|
TS-4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
TS-3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
TS-2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
Diisi
oleh pengusul dari Program Studi pada Program Sarjana/Sarjana Terapan
|
Tahun Masuk |
Jumlah Mahasiswa
Diterima 1) |
Jumlah Mahasiswa yang
Lulus pada |
Jumlah Lulusan s.d. Akhir
TS |
Rata-rata Masa Studi |
||||||
|
Akhir TS-6 |
Akhir
TS-5 |
Akhir
TS-4 |
Akhir TS-3 |
Akhir TS-2 |
Akhir TS-1 |
Akhir TS |
||||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
|
TS-6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
TS-5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
TS-4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
TS-3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Diisi
oleh pengusul dari Program Studi pada Program Magister/Magister Terapan
|
Tahun Masuk |
Jumlah Mahasiswa Diterima 1) |
Jumlah Mahasiswa yang Lulus pada |
Jumlah Lulusan s.d. Akhir TS |
Rata-rata Masa Studi |
|||
|
Akhir TS-3 |
Akhir TS-2 |
Akhir TS-1 |
Akhir TS |
||||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
|
TS-3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
TS-2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
TS-1 |
|
|
|
|
|
|
|
Diisi
oleh pengusul dari Program Studi pada Program Doktor/Doktor Terapan
|
Tahun Masuk |
Jumlah Mahasiswa
Diterima 1) |
Jumlah Mahasiswa yang
Lulus pada |
Jumlah Lulusan s.d. Akhir
TS |
Rata-rata Masa Studi |
||||||
|
Akhir TS-6 |
Akhir
TS-5 |
Akhir
TS-4 |
Akhir TS-3 |
Akhir TS-2 |
Akhir TS-1 |
Akhir TS |
||||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
|
TS-6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
TS-5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
TS-4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
TS-3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
TS-2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1) Tidak termasuk mahasiswa transfer.
TS = Tahun
akademik penuh terakhir.
TS-n = Tahun
akademik n tahun sebelum TS.
d.
Daya Saing Lulusan
Tabel
8.d.1) berikut ini diisi oleh pengusul dari Program Studi pada program Diploma
Tiga/Sarjana/Sarjana Terapan.
Tuliskan
data masa tunggu lulusan untuk mendapatkan pekerjaan pertama dalam 3 tahun, mulai TS-4 sampai dengan TS-2,
dengan mengikuti format Tabel 8.d.1) berikut ini. Data diambil dari hasil studi
penelusuran lulusan.
Tabel 8.d.1) Waktu Tunggu
Lulusan
Diisi
oleh pengusul dari Program Studi pada Program Diploma Tiga
|
Tahun Lulus |
Jumlah Lulusan |
Jumlah Lulusan yang Terlacak |
Jumlah Lulusan yang Dipesan
Sebelum Lulus |
Jumlah Lulusan Terlacak
dengan Waktu Tunggu Mendapatkan
Pekerjaan |
||
|
WT < 3 bulan |
3 ≤ WT ≤ 6 bulan |
WT > 6 bulan |
||||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|
TS-4 |
|
|
|
|
|
|
|
TS-3 |
|
|
|
|
|
|
|
TS-2 |
|
|
|
|
|
|
Diisi
oleh pengusul dari Program Studi pada Program Sarjana
|
Tahun Lulus |
Jumlah Lulusan |
Jumlah Lulusan yang
Terlacak |
Jumlah Lulusan Terlacak
dengan Waktu Tunggu Mendapatkan
Pekerjaan |
||
|
WT < 6 bulan |
6 ≤ WT ≤ 18 bulan |
WT > 18 bulan |
|||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
|
TS-4 |
|
|
|
|
|
|
TS-3 |
|
|
|
|
|
|
TS-2 |
|
|
|
|
|
Diisi
oleh pengusul dari Program Studi pada Program Sarjana Terapan.
|
Tahun Lulus |
Jumlah Lulusan |
Jumlah Lulusan yang Terlacak |
Jumlah Lulusan Terlacak
dengan Waktu Tunggu Mendapatkan
Pekerjaan |
||
|
WT < 3 bulan |
3 ≤ WT ≤ 6 bulan |
WT > 6 bulan |
|||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
|
TS-4 |
|
|
|
|
|
|
TS-3 |
|
|
|
|
|
|
TS-2 |
|
|
|
|
|
Tabel
8.d.2) berikut ini diisi oleh pengusul dari Program Studi pada program Diploma
Tiga/Sarjana/Sarjana Terapan/Magister/Magister Terapan.
Tuliskan
data kesesuaian bidang kerja lulusan saat
mendapatkan pekerjaan pertama dalam 3 tahun, mulai TS-4 sampai dengan TS-2,
dengan mengikuti format Tabel 8.d.2) berikut
ini. Data diambil dari hasil studi penelusuran lulusan.
Tabel 8.d.2) Kesesuaian Bidang Kerja Lulusan
|
Tahun Lulus |
Jumlah Lulusan |
Jumlah Lulusan yang Terlacak |
Jumlah Lulusan Terlacak
dengan Tingkat Kesesuaian Bidang Kerja |
||
|
Rendah 1) |
Sedang 2) |
Tinggi 3) |
|||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
|
TS-4 |
|
|
|
|
|
|
TS-3 |
|
|
|
|
|
|
TS-2 |
|
|
|
|
|
Keterangan:
1) Jenis pekerjaan/posisi jabatan dalam pekerjaan
tidak sesuai atau kurang sesuai dengan profil lulusan yang direncanakan dalam
dokumen kurikulum.
2) Jenis pekerjaan/posisi jabatan dalam pekerjaan
cukup sesuai dengan profil lulusan yang direncanakan dalam dokumen kurikulum.
3) Jenis pekerjaan/posisi jabatan dalam pekerjaan
sesuai atau sangat sesuai dengan profil lulusan yang direncanakan dalam dokumen
kurikulum.
e.
Kinerja Lulusan
Tabel
8.e.1) berikut ini diisi oleh pengusul dari Program Studi pada program Diploma
Tiga/Sarjana/Sarjana Terapan.
Tuliskan
tingkat/ukuran tempat kerja/berwirausaha lulusan dalam 3 tahun, mulai TS-4
sampai dengan TS-2, dengan mengikuti format Tabel 8.e.1) berikut
ini. Data diambil dari hasil studi penelusuran lulusan.
Tabel 8.e.1) Tempat Kerja
Lulusan
|
Tahun Lulus |
Jumlah Lulusan |
Jumlah Lulusan yang Terlacak |
Jumlah Lulusan Terlacak yang Bekerja berdasarkan Tingkat/Ukuran
Tempat Kerja/Berwirausaha |
||
|
Lokal/ Wilayah/ Berwirausaha tidak Berizin |
Nasional/ Berwirausaha Berizin |
Multinasiona/ Internasional |
|||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
|
TS-4 |
|
|
|
|
|
|
TS-3 |
|
|
|
|
|
|
TS-2 |
|
|
|
|
|
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
Tabel
8.e.2) berikut ini diisi oleh pengusul dari Program Studi pada program Diploma
Tiga/Sarjana/Sarjana Terapan/Magister/Magister Terapan.
Tuliskan
hasil pengukuran kepuasan pengguna lulusan berdasarkan aspek-aspek: 1) etika, 2) keahlian pada bidang ilmu
(kompetensi utama), 3) kemampuan berbahasa asing, 4) penggunaan teknologi
informasi, 5) kemampuan berkomunikasi, 6) kerjasama dan 7) pengembangan diri,
dengan mengikuti format Tabel 8.e.2) berikut ini. Data diambil dari hasil studi
penelusuran lulusan.
Tabel 8.e.2) Kepuasan
Pengguna
|
No. |
Jenis Kemampuan |
Tingkat Kepuasan Pengguna (%) |
Rencana Tindak Lanjut oleh UPPS/PS |
|||||
|
Sangat Baik |
Baik |
Cukup |
Kurang |
|||||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
||
|
1 |
Etika |
|
|
|
|
|
||
|
2 |
Keahlian pada bidang
ilmu (kompetensi utama) |
|
|
|
|
|
||
|
3 |
Kemampuan berbahasa
asing |
|
|
|
|
|
||
|
4 |
Penggunaan teknologi
informasi |
|
|
|
|
|
||
|
5 |
Kemampuan
berkomunikasi |
|
|
|
|
|
||
|
6 |
Kerjasama tim |
|
|
|
|
|
||
|
7 |
Pengembangan diri |
|
|
|
|
|
||
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
|
||
f. Luaran Penelitian dan PkM Mahasiswa
Tabel
8.f.1) berikut ini diisi oleh pengusul dari Program Studi pada program
Sarjana/Magister/Doktor.
Tuliskan jumlah publikasi ilmiah mahasiswa, yang dihasilkan secara mandiri atau bersama
DTPS, dalam 3
tahun terakhir dengan mengikuti format Tabel 8.f.1) berikut ini. Judul publikasi
harus relevan dengan bidang program studi.
Tabel 8.f.1) Publikasi Ilmiah mahasiswa
|
No. |
Media Publikasi |
Jumlah Judul |
Jumlah |
||
|
TS-2 |
TS-1 |
TS |
|||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
|
1 |
Jurnal
nasional tidak terakreditasi |
|
|
|
NA1 = |
|
2 |
Jurnal nasional terakreditasi |
|
|
|
NA2 = |
|
3 |
Jurnal
internasional |
|
|
|
NA3 = |
|
4 |
Jurnal internasional bereputasi |
|
|
|
NA4= |
|
5 |
Seminar
wilayah/lokal/perguruan tinggi |
|
|
|
NB1 = |
|
6 |
Seminar
nasional |
|
|
|
NB2 = |
|
7 |
Seminar
internasional |
|
|
|
NB3= |
|
8 |
Tulisan di media massa wilayah |
|
|
|
NC1 = |
|
9 |
Tulisan di media massa nasional |
|
|
|
NC2 = |
|
10 |
Tulisan di media massa internasional |
|
|
|
NC3 = |
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
Tabel
8.f.1) berikut ini diisi oleh pengusul dari Program Studi pada program Sarjana
Terapan/Magister Terapan/Doktor Terapan.
Tuliskan jumlah pagelaran/pameran/presentasi/publikasi ilmiah mahasiswa,
yang dihasilkan secara mandiri atau bersama DTPS, dalam 3 tahun terakhir dengan mengikuti
format Tabel 8.f.1)
berikut ini.
Judul pagelaran/pameran/presentasi/publikasi ilmiah harus relevan dengan
bidang program studi.
Tabel 8.f.1) Pagelaran/pameran/presentasi/publikasi Ilmiah mahasiswa
|
No. |
Jenis |
Jumlah Judul |
Jumlah |
||
|
TS-2 |
TS-1 |
TS |
|||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
|
1 |
Publikasi
di jurnal nasional tidak
terakreditasi |
|
|
|
NA1 = |
|
2 |
Publikasi di jurnal nasional terakreditasi |
|
|
|
NA2 = |
|
3 |
Publikasi
di jurnal internasional |
|
|
|
NA3 = |
|
4 |
Publikasi di jurnal internasional bereputasi |
|
|
|
NA4= |
|
5 |
Publikasi
di seminar wilayah/lokal/perguruan tinggi |
|
|
|
NB1 = |
|
6 |
Publikasi
di seminar nasional |
|
|
|
NB2 = |
|
7 |
Publikasi
di seminar internasional |
|
|
|
NB3= |
|
8 |
Pagelaran/pameran/presentasi
dalam forum di tingkat wilayah |
|
|
|
NC1 = |
|
9 |
Pagelaran/pameran/presentasi
dalam forum di tingkat nasional |
|
|
|
NC2 = |
|
10 |
Pagelaran/pameran/presentasi
dalam forum di tingkat internasional |
|
|
|
NC3 = |
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
Tabel 8.f.2) berikut ini diisi oleh pengusul dari Program Studi
pada program Magister/Magister Terapan/Doktor/Doktor Terapan.
Tuliskan judul artikel karya ilmiah mahasiswa, yang dihasilkan secara
mandiri atau bersama DTPS, yang disitasi dalam 3 tahun terakhir dengan mengikuti format Tabel 8.f.2) berikut ini. Judul
artikel yang disitasi harus relevan dengan bidang program studi.
Tabel 8.f.2) Karya ilmiah mahasiswa yang disitasi
|
No. |
Nama Mahasiswa |
Judul Artikel yang
Disitasi (Jurnal/Buku, Volume, Tahun, Nomor,
Halaman) |
Jumlah Sitasi |
|
1 |
2 |
3 |
4 |
|
1 |
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
… |
|
|
|
|
Jumlah |
|
|
|
Tabel 8.f.3) berikut ini diisi oleh pengusul dari Program Studi
pada program Diploma Tiga/Sarjana Terapan/Magister Terapan/Doktor Terapan.
Tuliskan produk/jasa
karya mahasiswa, yang dihasilkan secara mandiri atau bersama DTPS, yang diadopsi
oleh industri/masyarakat dalam 3 tahun terakhir dengan
mengikuti format Tabel 8.f.3)
berikut ini. Jenis produk/jasa yang diadopsi
oleh industri/masyarakat harus relevan dengan bidang program studi.
Tabel 8.f.3) Produk/jasa yang dihasilkan mahasiswa
yang diadopsi oleh industri/masyarakat
|
No. |
Nama Mahasiwa |
Nama Produk/Jasa |
Deskripsi Produk/Jasa |
Bukti |
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
… |
|
|
|
|
|
Jumlah |
|
|
|
|
Tabel
8.f.4) berikut ini diisi oleh pengusul dari Program Studi pada program Sarjana/Sarjana
Terapan/Magister/Magister Terapan/Doktor/Doktor Terapan.
Tuliskan luaran penelitian dan luaran PkM yang dihasilkan mahasiswa,
baik secara mandiri atau bersama DTPS, dalam 3 tahun terakhir dengan mengikuti
format Tabel 8.f.4)
berikut ini.
Jenis dan judul luaran harus relevan dengan
bidang program studi.
Tabel 8.f.4) Luaran penelitian/PkM yang dihasilkan mahasiswa
|
No |
Judul Luaran
Penelitian/PkM |
Tahun |
Keterangan |
|
1 |
2 |
3 |
4 |
|
I |
HKI 1): c)
Paten, d)
Paten Sederhana |
|
|
|
|
1. ... |
|
|
|
|
2. ... |
|
|
|
|
3. ... |
|
|
|
Jumlah |
NA = |
|
|
|
II |
HKI
1): f) Hak Cipta, g) Desain Produk
Industri, h) Perlindungan Varietas
Tanaman (Sertifikat Perlindungan Varietas Tanaman, Sertifikat
Pelepasan Varietas, Sertifikat Pendaftaran Varietas), i) Desain Tata Letak
Sirkuit Terpadu, j) dll.) |
|
|
|
|
1. ... |
|
|
|
|
2. ... |
|
|
|
|
3. ... |
|
|
|
Jumlah |
NB = |
|
|
|
III |
Teknologi
Tepat Guna, Produk (Produk Terstandarisasi, Produk Tersertifikasi), Karya
Seni, Rekayasa Sosial |
|
|
|
|
1. ... |
|
|
|
|
2. ... |
|
|
|
|
3. ... |
|
|
|
Jumlah |
NC = |
|
|
|
IV |
Buku ber-ISBN,
Book Chapter |
|
|
|
|
1. ... |
|
|
|
|
2. ... |
|
|
|
|
3. ... |
|
|
|
Jumlah |
ND = |
|
|
Keterangan:
1) Luaran penelitian/PkM yang mendapat pengakuan
Hak Kekayaan Intelektual (HKI) harus dibuktikan dengan surat penetapan oleh
Kemenkumham atau kementerian lain yang berwenang.
Komentar
Posting Komentar